Anisa Desy Aryanti

Anisa Desy Aryanti

Rabu, 07 Desember 2011

LCD


LIQUID CRYSTALS in PHARMACY          
Kristal cair adalah bahan yang mengalir seperti cairan, sambil mempertahankan struktur teratur, agak seperti kristal. Sementara penggunaan dalam elektronik dikenal (yaitu LCD TV layar), beberapa jenis kristal cair juga sangat berguna dalam nano sebagai alat untuk pengiriman obat. Hal ini karena kemampuan ini ditingkatkan nanopartikel menembus kulit atau jaringan lain, dan kapasitas mereka untuk timed release dari "muatan" mereka.
Kristal cair yang digunakan untuk keperluan farmasi telah dimodelkan setelah yang sudah ada dalam sistem biologi. Contoh alami kristal cair yang molekul lyotrophic yang membentuk sel-sel dan jaringan, dan sangat penting bagi kehidupan termasuk membran fosfolipid, DNA dan kolesterol.
Beberapa obat-obatan kristal cair (LCP) telah terbukti efektif untuk pengobatan penyakit virus seperti herpes (HSV) serta tumor pertempuran seperti pada kandung kemih dan kanker prostat. LCP telah menjanjikan terutama untuk aplikasi transdermal dan karena kemampuan mereka untuk menargetkan jaringan yang meradang. Sebuah contoh dari farmasi kristal cair adalah LCP berbasis anti-tumor obat bernama Tolecine. Tolecine memiliki sifat antibakteri dan antivirus dan mencegah proliferasi tumor yang abnormal. Tolecine kadang-kadang dikombinasikan dengan yang lain disebut Apatone LCP. Formulasi gabungan diproduksi menggunakan teknologi yang memanfaatkan sifat-sifat kristal cair lyotropic, atau kristal cair organik.
Hal ini umumnya percaya bahwa LCP relatif aman untuk digunakan sebagai obat, karena penelitian sejauh ini menunjukkan mereka memiliki toksisitas yang sangat rendah. Liposom aman cukup umum digunakan untuk tujuan kosmetik. Apatone terbuat dari dua non-senyawa beracun, senyawa kristal cair dan glukosa gula, dan bahan aktif, Vitamin C dan K. Karena glukosa, Apatone mudah memasuki sel. Begitu di dalam, bahan-bahan aktif menghasilkan radikal bebas. Hasil stres oksidatif dalam melemahnya sel target dari dalam, dan mencegah respon anti-inflamatary yang melindungi mereka dari obat kemoterapi. Produksi radikal bebas adalah suatu reaksi intraseluler konsentrasi driven yang hanya terjadi dalam sel dengan konsentrasi gula yang cukup (seperti sel-sel kanker). Reaksi cepat dan tidak menghasilkan apapun beracun oleh-produk yang mungkin membahayakan sel-sel sehat yang berdekatan. Apatone sangat efektif, itu diberikan status obat yatim piatu oleh FDA pada tahun 2007.

1.      Tolecine
Tolecine adalah pra-klinis baru anti-tumor LCP yang juga memiliki aplikasi antivirus dan antibakteri. Ini adalah sel tumor selektif dan pameran aktivitas anti-neoplastik yang kuat (itu melawan proliferasi abnormal sel dalam jaringan atau organ). Selain itu, telah terbukti lebih efektif daripada standar saat ini perawatan untuk herpes.
Atomic Force Microscope image of nanostructured lyotropic liquid crystal (Credit: Liquid Crystal Institute, Kent State University

Atomic Force Microscope citra berstrukturnano kristal cair lyotropic (Kredit: Liquid Crystal Institute, Kent State University)
2.      Apatone
Apatone adalah obat fase klinis baru yang diteliti untuk stadium akhir kanker prostat. Saat ini sedang dipertimbangkan untuk studi klinis untuk aplikasi potensial seperti pembesaran dari kemoterapi untuk memungkinkan dosis yang lebih rendah, kurang toksik dari agen kemoterapi yang umum. Apatone terbuat dari dua non-senyawa beracun, senyawa kristal cair dan gula, yang selektif bio-berkonsentrasi dalam sel kanker dan menghasilkan radikal bebas. Pembentukan, kuat pendek radikal bebas tinggal adalah konsentrasi didorong reaksi intraseluler dan karena itu hanya terjadi dalam sel dengan konsentrasi gula yang cukup (seperti sel-sel kanker). Hasil reaksi stres oksidatif yang melemahkan sel-sel yang ditargetkan dari dalam. Hal ini dilakukan dengan cepat hanya dalam sel-sel kanker, dengan tidak ada reaksi beracun oleh-produk yang mungkin membahayakan sel-sel sehat yang berdekatan.
Tidak seperti obat kemoterapi lain, Tolecine dan Apatone memiliki toksisitas rendah dan tidak menargetkan membagi sel. Sebaliknya, mereka diaktifkan oleh peradangan yang terjadi di sekitar sel tumor, hemat sel sehat. Inovatif, rendah toksisitas obat-obatan seperti Tolecine dan Apatone memberikan harapan baru dalam peperangan melawan kanker dan penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar